Program/Kegiatan/Output Kegiatan |
Satuan |
Tahun Dasar (2018) |
2019 |
2020 |
2021 |
2022 |
2023 |
Indikatif Alokasi Anggaran 5 Tahun (Rp) |
Sumber Pendanaan |
Instansi Pelaksana |
TUJUAN 3 KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA |
INDIKATOR SDGs: 3.1.1* Jumlah Kematian IBU (AKI) |
Program 1 Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak |
Kegiatan 1: Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi oleh Kader |
Jumlah lokasi pilot projek pendampingan ibu hamil risiko tinggi oleh kader di kantong kemiskinan |
- |
- |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Penguatan Penggunaan Daftar Tilik untuk Petugas KIA Puskesmas |
Jumlah Tenaga/Pengelola KIA Puskesmas yang di informasikan ttg penggunaan daftar Tilik ANC sesuai Stadar (10T) |
- |
- |
80 |
80 |
80 |
80 |
80 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Peningkatan peran Masyarakat dalam meningkatkan derajat Kesehatan Ibu dan Anak |
Jumlah peserta pertemuan LP/LS, Organisasi Profesi, PT, PKK dan Toma mendapatkan Informasi tentang Kualitas pelayanan kesehatan Ibu dan Anak |
- |
- |
60 |
60 |
60 |
60 |
60 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Orientasi Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal |
Jumlah Tenaga/Pengelola KIA Puskesmas yang di informasikan ttg penggunaan daftar Tilik ANC sesuai Stadar (10T) |
- |
- |
80 |
80 |
80 |
80 |
80 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.1.2* Proporsi Perempuan Pernah Kawin berusia 15-49 tahun yang proses melahiran terakhirnya ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih |
Program 1 Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak |
Kegiatan 1: Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi oleh Kader |
Jumlah lokasi pilot projek pendampingan ibu hamil risiko tinggi oleh kader di kantong kemiskinan |
- |
- |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Penguatan Penggunaan Daftar Tilik untuk Petugas KIA Puskesmas |
Jumlah Tenaga/Pengelola KIA Puskesmas yang di informasikan ttg penggunaan daftar Tilik ANC sesuai Stadar (10T) |
- |
- |
80 |
80 |
80 |
80 |
80 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Peningkatan peran Masyarakat dalam meningkatkan derajat Kesehatan Ibu dan Anak |
Jumlah peserta pertemuan LP/LS, Organisasi Profesi, PT, PKK dan Toma mendapatkan Informasi tentang Kualitas pelayanan kesehatan Ibu dan Anak |
- |
- |
60 |
60 |
60 |
60 |
60 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Orientasi Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal |
Jumlah Tenaga/Pengelola KIA Puskesmas yang di informasikan ttg penggunaan daftar Tilik ANC sesuai Stadar (10T) |
- |
- |
80 |
80 |
80 |
80 |
80 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.1.2(a) Persentase Perempuan Pernah Kawin berusia 15-49 tahun yang proses kelahiran terakhirnya di fasilitas kesehatan |
Program 1 Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi oleh Kader |
Kegiatan 1: Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi oleh Kader |
Jumlah lokasi pilot projek pendampingan ibu hamil risiko tinggi oleh kader di kantong kemiskinan |
- |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Penguatan Penggunaan Daftar Tilik untuk Petugas KIA Puskesmas |
Jumlah Tenaga/Pengelola KIA Puskesmas yang di informasikan ttg penggunaan daftar Tilik ANC sesuai Stadar (10T) |
- |
|
80 |
80 |
80 |
80 |
80 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Peningkatan peran Masyarakat dalam meningkatkan derajat Kesehatan Ibu dan Anak |
Jumlah peserta pertemuan LP/LS, Organisasi Profesi, PT, PKK dan Toma mendapatkan Informasi tentang Kualitas pelayanan kesehatan Ibu dan Anak |
- |
|
60 |
60 |
60 |
60 |
60 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Orientasi Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal |
Jumlah Tenaga/Pengelola KIA Puskesmas yang di informasikan ttg penggunaan daftar Tilik ANC sesuai Stadar (10T) |
- |
|
80 |
80 |
80 |
80 |
80 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.2.1* Jumlah Kematian Balita (AKBa) per 1.000 kelahiran hidup |
Program 1 Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Balita |
Kegiatan 1: Lomba Balita Sehat Tingkat Provinsi |
Jumlah pemenang lomba balita |
- |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Pembinaan Pelayanan Kesehatan Bayi, Balita dan Remaja Sesuai Standart di Puskesmas |
Jumlah Kab/kota Pembinaan Pelayanan Kesehatan Bayi, Balita dan Remaja Sesuai Standart |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Pembinaan Pelaksanaan Penanganan Kegawat daruratan Bumil dan Bayi Baru Lahir di 4 kabupaten dengan Kematian Tinggi. |
Jumlah pengelola program KIA yang mendapat Pembinaan Kes. Bayi, Balita dan Remaja |
- |
|
120 |
120 |
120 |
120 |
120 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.2.2* Jumlah Kematian Neonatal (AKN) per 1000 kelahiran hidup |
Program 1 Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Balita |
Kegiatan 1: Lomba Balita Sehat Tingkat Provinsi |
Jumlah pemenang lomba balita |
- |
- |
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Pembinaan Pelayanan Kesehatan Bayi, Balita dan Remaja Sesuai Standart di Puskesmas |
Jumlah Kab/kota Pembinaan Pelayanan Kesehatan Bayi, Balita dan Remaja Sesuai Standart |
Kabupaten Kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Pembinaan Pelaksanaan Penanganan Kegawat daruratan Bumil dan Bayi Baru Lahir di 4 kabupaten dengan Kematian Tinggi |
Jumlah pengelola program KIA yang mendapat Pembinaan Kes. Bayi, Balita dan Remaja |
- |
- |
120 |
120 |
120 |
120 |
120 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.2.2.(a) Jumlah Kematian Bayi (AKB) per 1.000 kelahiran hidup |
Program 1 Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Balita |
Kegiatan 1: Lomba Balita Sehat Tingkat Provinsi |
Jumlah pemenang lomba balita |
- |
- |
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Pembinaan Pelayanan Kesehatan Bayi, Balita dan Remaja Sesuai Standart di Puskesmas |
Jumlah Kab/kota Pembinaan Pelayanan Kesehatan Bayi, Balita dan Remaja Sesuai Standart |
Kabupaten Kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Pembinaan Pelaksanaan Penanganan Kegawat daruratan Bumil dan Bayi Baru Lahir di 4 kabupaten dengan Kematian Tinggi |
Jumlah pengelola program KIA yang mendapat Pembinaan Kes. Bayi, Balita dan Remaja |
Orang |
- |
120 |
120 |
120 |
120 |
120 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.2.2.(b) Persentase kabupaten/kota yang mencapai 80% imunisasi dasar lengkap pada bayi |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Pembinaan Imunisasi dan pengelolaan vaksin |
Jumlah Kab/Kota yang dibina tentang pengelolaan vaksin |
Orang |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
|
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.3.1.(a) Prevalensi HIV pada populasi dewasa |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Monitoring dan Evaluasi serta Pembinaan Program TBC |
Kab/kota yang dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan TB |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Surveilans Aktif TBC di Rumah Sakit |
Jml kab/kota yang dilakukan Surveilans Aktif TBC di Rumah Sakit |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Penyiapan Layanan TB MDR di RS Sub Rujukan TB RO |
Jml kab/kota yang dilakukan Set up Layanan TB MDR di RS Sub Rujukan TB RO |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Evaluasi Utilisasi TCM di Layanan TB RO |
Jml kab/kota yang dilakukan Evaluasi Utilisasi TCM di Layanan TB RO |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 5: Penemuan dan Pelacakan Kasus HIV/AIDS |
Jumlah Kab/Kota dilakukan penemuan dan pelacakan kasus HIV/AIDS |
- |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 6: Pengadaan Reagen pemeriksaan HIV/AIDS |
Jumlah Reagen unruk rapid tes HIV-AIDS dan IMS |
Box |
|
170 |
170 |
170 |
170 |
170 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 7: Penjangkauan populasi kunci tes HIV oleh petugas outreach |
Jumlah lokasi daerah yang dilakukan penjangkauan populasi kunci sesuai standar |
- |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 8: Workshop Perluasan Layanan HIV AIDS |
jumlah peserta yang mengikuti workshop perluasan layanan HIV |
- |
|
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 9: Penguatan Sistem Informasi HIV AIDS dan PIMS |
Data yang valid untuk Program Pengendalian HIV/AIDS |
- |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 10: Mentoring Klinis Layanan HIV AIDS dan PIMS |
Layanan HIV/AIDS yang dilakukan kegiatan mentoring klinis |
- |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 11: Sosialisasi dan Advokasi Pengendalian Hepatitis C Virus pada Nakes dan Resti Lainnya |
jumlah peserta yang mengikuti Sosialisasi dan Advokasi Pengendalian Hepatitis C Virus pada Nakes dan Resti Lainnya |
- |
|
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 12: Pembinaan Kualitas Triple Eliminasi HIV Aids, hepatitis B dan C |
Jumlah Kab/Kota eliminasi HIV Aids, Hepatitis B dan C |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 13: Penguatan LROA di Fasilitas pelayanan kesehatan |
Jumlah Kab/kota yang dilakukan penguatan LROA di fasyankes |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 14: Penguatan Pencatatan dan Pelaporan Hepatitis dengan Aplikasi SIHEPI |
Data yang valid untuk Program Pengendalian Hepatitis dan ISP |
- |
|
14 |
14 |
14 |
14 |
14 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.3.2 (a) Insiden Tuberkulosis (ITB) per 100.000 penduduk |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Monitoring dan Evaluasi serta Pembinaan Program TBC |
Kab/kota yang dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan TB |
Kabupaten Kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Surveilans Aktif TBC di Rumah Sakit |
Jml kab/kota yang dilakukan Surveilans Aktif TBC di Rumah Sakit |
KAbupaten Kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Penyiapan Layanan TB MDR di RS Sub Rujukan TB RO |
Jml kab/kota yang dilakukan Set up Layanan TB MDR di RS Sub Rujukan TB RO |
kab/kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Evaluasi Utilisasi TCM di Layanan TB RO |
Jml kab/kota yang dilakukan Evaluasi Utilisasi TCM di Layanan TB RO |
kab/kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 5: Penemuan dan Pelacakan Kasus HIV/AIDS |
Jumlah Kab/Kota dilakukan penemuan dan pelacakan kasus HIV/AIDS |
Kab/Kota |
- |
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 6: Pengadaan Reagen pemeriksaan HIV/AIDS |
Jumlah Reagen unruk rapid tes HIV-AIDS dan IMS |
Box |
- |
170 |
170 |
170 |
170 |
170 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 7: Penjangkauan populasi kunci tes HIV oleh petugas outreach |
Jumlah lokasi daerah yang dilakukan penjangkauan populasi kunci sesuai standar |
- |
- |
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 8: Workshop Perluasan Layanan HIV AIDS |
jumlah peserta yang mengikuti workshop perluasan layanan HIV |
Orang |
- |
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 9: Penguatan Sistem Informasi HIV AIDS dan PIMS |
Data yang valid untuk Program Pengendalian HIV/AIDS |
- |
- |
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 10: Mentoring Klinis Layanan HIV AIDS dan PIMS |
Layanan HIV/AIDS yang dilakukan kegiatan mentoring klinis |
- |
- |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 11: Sosialisasi dan Advokasi Pengendalian Hepatitis C Virus pada Nakes dan Resti Lainnya |
jumlah peserta yang mengikuti Sosialisasi dan Advokasi Pengendalian Hepatitis C Virus pada Nakes dan Resti Lainnya |
- |
- |
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 12: Pembinaan Kualitas Triple Eliminasi HIV Aids, hepatitis B dan C |
Jumlah Kab/Kota eliminasi HIV Aids, Hepatitis B dan C |
Kab/Kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 13: Penguatan LROA di Fasilitas pelayanan kesehatan |
Jumlah Kab/kota yang dilakukan penguatan LROA di fasyankes |
Kab/kota |
- |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 14: Penguatan Pencatatan dan Pelaporan Hepatitis dengan Aplikasi SIHEPI |
Data yang valid untuk Program Pengendalian Hepatitis dan ISP |
- |
- |
14 |
14 |
14 |
14 |
14 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.3.3* Kejadian Malaria per 1000 orang |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Pengadaan Mikroskop Malaria |
Jumlah Mikroskop yang digunakan untuk pemeriksaan mikroskopis malaria |
- |
|
40 |
40 |
40 |
40 |
|
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Pengendalian Vektor Terpadu di Desa Merah (API>5) Kab/Kota Endemis Malaria |
Jumlah Desa Endemis dengan kasus indigenous yang dilakukan Pengendalian Vektor Terpadu |
- |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: OJT Mikroskopis Malaria di Kab/Kota Endemis Malaria |
Jumlah Kab/Kota Endemis yang melakukan penemuan kasus malaria dengan konfirmasi mikroskopis |
- |
|
12 |
12 |
12 |
12 |
12 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Pengadaan Rapid Test Malaria |
Jumlah RDT yang digunakan untuk pemeriksaan mikroskopis malaria |
- |
|
600 |
600 |
600 |
600 |
600 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 5: Pre Assesment Eliminasi Malaria |
Jumlah Kab/Kota yang dinilai kesiapan eliminasi malaria |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.3.3.(a) Jumlah kabupaten/kota yang mencapai eliminasi malaria |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Pengadaan Mikroskop Malaria |
Jumlah Mikroskop yang digunakan untuk pemeriksaan mikroskopis malaria |
- |
|
40 |
40 |
40 |
40 |
- |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Pengendalian Vektor Terpadu di Desa Merah (API>5) Kab/Kota Endemis Malaria |
Jumlah Desa Endemis dengan kasus indigenous yang dilakukan Pengendalian Vektor Terpadu |
- |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: OJT Mikroskopis Malaria di Kab/Kota Endemis Malaria |
Jumlah Kab/Kota Endemis yang melakukan penemuan kasus malaria dengan konfirmasi mikroskopis |
- |
|
12 |
12 |
12 |
12 |
12 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Pengadaan Rapid Test Malaria |
Jumlah RDT yang digunakan untuk pemeriksaan mikroskopis malaria |
- |
|
600 |
600 |
600 |
600 |
600 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 5: Pre Assesment Eliminasi Malaria |
Jumlah Kab/Kota yang dinilai kesiapan eliminasi malaria |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Program 2 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Monitoring dan Evaluasi serta Pembinaan Program TBC |
Kab/kota yang dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan TB |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Surveilans Aktif TBC di Rumah Sakit |
Jml kab/kota yang dilakukan Surveilans Aktif TBC di Rumah Sakit |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Penyiapan Layanan TB MDR di RS Sub Rujukan TB RO |
Jml kab/kota yang dilakukan Set up Layanan TB MDR di RS Sub Rujukan TB RO |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Evaluasi Utilisasi TCM di Layanan TB RO |
Jml kab/kota yang dilakukan Evaluasi Utilisasi TCM di Layanan TB RO |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 5: Penemuan dan Pelacakan Kasus HIV/AIDS |
Jumlah Kab/Kota dilakukan penemuan dan pelacakan kasus HIV/AIDS |
- |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 6: Pengadaan Reagen pemeriksaan HIV/AIDS |
Jumlah Reagen unruk rapid tes HIV-AIDS dan IMS |
Box |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 7: Penjangkauan populasi kunci tes HIV oleh petugas outreach |
Jumlah lokasi daerah yang dilakukan penjangkauan populasi kunci sesuai standar |
- |
|
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 8: Workshop Perluasan Layanan HIV AIDS |
Jumlah peserta yang mengikuti workshop perluasan layanan HIV |
- |
|
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 9: Penguatan Sistem Informasi HIV AIDS dan PIMS |
Data yang valid untuk Program Pengendalian HIV/AIDS |
- |
|
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 10: Mentoring Klinis Layanan HIV AIDS dan PIMS |
Layanan HIV/AIDS yang dilakukan kegiatan mentoring klinis |
- |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 11: Sosialisasi dan Advokasi Pengendalian Hepatitis C Virus pada Nakes dan Resti Lainnya |
Jumlah peserta yang mengikuti Sosialisasi dan Advokasi Pengendalian Hepatitis C Virus pada Nakes dan Resti Lainnya |
- |
|
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 12: Pembinaan Kualitas Triple Eliminasi HIV Aids, hepatitis B dan C |
Jumlah Kab/Kota eliminasi HIV Aids, Hepatitis B dan C |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 13: Penguatan LROA di Fasilitas pelayanan kesehatan |
Jumlah Kab/kota yang dilakukan penguatan LROA di fasyankes |
- |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 14: Penguatan Pencatatan dan Pelaporan Hepatitis dengan Aplikasi SIHEPI |
Data yang valid untuk Program Pengendalian Hepatitis dan ISP |
- |
|
14 |
14 |
14 |
14 |
14 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.3.4 (a) Persentase kabupaten/kota yang melakukan deteksi dini untuk infeksi Hepatitis B |
INDIKATOR SDGs: 3.3.5* Jumlah orang yang memerlukan intervensi terhadap penyakit tropis yang terabaikan (Filariasis dan Kusta) |
INDIKATOR SDGs: 3.3.5.(a) Jumlah kabupaten/kota dengan eliminasi kusta |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Penemuan dan Pelacakan Dini Kasus Kusta (Survey Sekolah) |
angka cacat tk 2 < 1/ 1juta penduduk di tahun 2020 |
- |
- |
14 |
14 |
14 |
14 |
14 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Surveilans pasca POPM Filariasis |
Jumlah kab/kota yang melakukan surveilans pasca POPM Filariasis |
kab/kota |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
8 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.3.5.(b) Jumlah kabupaten/kota dengan eliminasi filariasis (berhasil lolos dalam survey penilaian transmisi tahap I) |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Pembinaan Program dan Pemeliharaan Eliminasi Filariasis |
Jumlah kab/kota yang melakukan pembinaan program dan pemeliharaan elimimasi filaria |
kab/kota |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
8 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Pemberian Obat Pencegahan Masal Filariasis di Daerah Endemis |
Jumlah kab/kota dengan MF Rate < 1% |
- |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
8 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.4.1 (c) Prevalensi obesitas pada penduduk umur ≥18 tahun |
INDIKATOR SDGs: 3.4.2.(a) Jumlah kabupaten/kota yang memiliki puskesmas yang menyelenggarakan upaya kesehatan jiwa. |
Program 1 Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular |
Kegiatan 1: Pelatihan Asssment Penyalahguna Napza |
Jumlah peserta yang dilatih dalam assement penyalahgunaan NAPZA |
Orang |
- |
40 |
40 |
40 |
40 |
40 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Pelatihan Tenaga Verifikator IPWL Puskesmas |
Jumlah peserta verifikator terlatih |
Orang |
- |
40 |
40 |
40 |
40 |
40 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Pelatihan Deteksi Dini Gangguan Jiwa bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas |
Jumlah tenaga kesehatan yang melayani kesehatan jiwa |
Orang |
- |
40 |
40 |
40 |
40 |
40 |
- |
- |
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Sosialisasi Dampak Narkoba dan Penatalaksanaannya |
Jumlah kab/kota yang dilakukan sosialisasi dampak narkoba |
kab/kota |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
|
|
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.5.1.(a) Jumlah penyalah guna narkotika dan pengguna alkohol yang merugikan, yang mengakses layanan rehabilitas medis |
INDIKATOR SDGs: 3.5.1.(b) Jumlah yang mengakses layanan pascarehabilitasi. |
INDIKATOR SDGs: 3.5.1.(c) Jumlah korban penyalahgunaan NAPZA yang mendapatkan rehabilitasi sosial di dalam panti sesuai standar pelayanan |
INDIKATOR SDGs: 3.5.1 (d) Jumlah lembaga rehabilitasi sosial korban penyalahgunaan NAPZA yang telah dikembangkan/dibantu |
INDIKATOR SDGs: 3.5.1 (e) Prevalensi penyalahgunaan narkoba |
INDIKATOR SDGs: 3.5.2* Konsumsi alkohol (liter per kapita) oleh penduduk umur ≥ 15 tahun dalam satu tahun terakhir |
INDIKATOR SDGs: 3.7.1* Proporsi perempuan usia reproduksi (15-49 tahun) atau pasangannya yang memiliki kebutuhan keluarga berencana dan menggunakan alat kontrasepsi metode modern |
Program 1 Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan di seluruh tingkatan wilayah |
Kegiatan 1: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya Penggerakkan dan pemantapan kesertaan ber-KB MKJP |
Peserta KB |
|
1.020.093 |
1.127.585 |
1.141.605 |
1.155.100 |
1.168.108 |
403.520.000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 2: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya peningkatan kualitas penggerakkan pelayanan KBKR di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan terluar (DTPK), wilayah miskin perkotaan dan sasaran khusus |
frek/th/kab |
- |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
320.714.000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 3: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya Faskes KB (pemerintah dan swasta) yang memberikan pelayanan KB sesuai dengan SOP dan kesehatan reproduksi |
Persentase |
|
85 |
85 |
85 |
85 |
85 |
244.600.000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 5: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya peningkatan promosi kesehatan dan hak-hak reproduksi di provinsi dan kab/kota |
Persentase |
|
85 |
85 |
85 |
85 |
85 |
245.250.000 |
APBN |
BKKBN |
INDIKATOR SDGs: 3.7.1 (a) Angka prevalensi penggunaan metode kontrasepsi (CPR) semua cara pada Pasangan Usia Subur (PUS) usia 15-49 tahun yang berstatus kawin |
INDIKATOR SDGs: 3.7.1 (b) Angka penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) cara modern. |
Program 1 Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan di seluruh tingkatan wilayah |
Kegiatan 1: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya Penggerakkan dan pemantapan kesertaan ber-KB MKJP |
Peserta KB |
|
1.020.093 |
1.127.585 |
1.141.605 |
1.155.100 |
1.168.108 |
403.520.000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 2: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya peningkatan kualitas penggerakkan pelayanan KBKR di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan terluar (DTPK), wilayah miskin perkotaan dan sasaran khusus |
frek/th/kab |
|
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
320.714.000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 3: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya Faskes KB (pemerintah dan swasta) yang memberikan pelayanan KB sesuai dengan SOP dan kesehatan reproduksi |
Persentase |
|
85 |
85 |
85 |
85 |
85 |
244.600.000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 4: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya peningkatan promosi kesehatan dan hak-hak reproduksi di provinsi dan kab/kota |
Persentase |
|
85 |
85 |
85 |
85 |
85 |
245.250.000 |
APBN |
BKKBN |
INDIKATOR SDGs: 3.7.2* Angka kelahiran pada perempuan umur 15- 19 tahun (Age Specific Fertility Rate/ ASFR) |
Program 1 Pembinaan Keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga di seluruh tingkatan wilayah |
Kegiatan 1: Penguatan Peran PIK Remaja dan BKR dalam edukasi kespro dan gizi bagi remaja putri sebagai calon ibu |
Terlaksananya pembinaan peran PIK R/M di Provinsi dan Kab/Kota |
Kelompok |
|
686 |
686 |
686 |
686 |
686 |
1,324,840,000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 1: Penguatan Peran PIK Remaja dan BKR dalam edukasi kespro dan gizi bagi remaja putri sebagai calon ibu |
Terlaksananya pembinaan Kelompok BKR |
Kelompok |
|
505 |
505 |
505 |
505 |
505 |
567,788,000 |
APBN |
BKKBN |
INDIKATOR SDGs: 3.7.2.(a) Total Fertility Rate (TFR) |
Program 1 Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan di seluruh tingkatan wilayah |
Kegiatan 1: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya Penggerakkan dan pemantapan kesertaan ber-KB MKJP |
Peserta KB |
|
1,020,093 |
1,127,585 |
1,141,605 |
1,155,100 |
1,168,108 |
403,520,000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 1: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya peningkatan kualitas penggerakkan pelayanan KBKR di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan terluar (DTPK), wilayah miskin perkotaan dan sasaran khusus |
frek/th/kab |
|
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
320,714,000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 1: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya Faskes KB (pemerintah dan swasta) yang memberikan pelayanan KB sesuai dengan SOP dan kesehatan reproduksi |
Persentase |
|
85 |
85 |
85 |
85 |
85 |
244,600,000 |
APBN |
BKKBN |
Kegiatan 1: Pembinaan Kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR yang sesuai dengan standar pelayanan |
Terlaksananya peningkatan promosi kesehatan dan hak-hak reproduksi di provinsi dan kab/kota |
Persentase |
|
85 |
85 |
85 |
85 |
85 |
245,250,000 |
APBN |
BKKBN |
INDIKATOR SDGs: 3.8.1 (a) Unmet need pelayanan kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.8.2* Jumlah penduduk yang dicakup asuransi kesehatan atau sistem kesehatan masyarakat per 1.000 penduduk |
Program 1 Program kemitraan peningkatan pelayanan kesehatan |
Kegiatan 1: Advokasi dan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional |
Jumlah peserta pertemuan advokasi dan sosialisasi |
orang |
|
300 |
300 |
300 |
300 |
300 |
|
|
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Rapat koordinasi teknis pelaksanaan Program JKN Provinsi dan Kab/Kota |
Jumlah peserta pertemuan advokasi dan sosialisasi |
orang |
|
162 |
162 |
162 |
162 |
162 |
|
|
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Rekonsiliasi kepesertaan penerima bantuan iuran (PBI) Provinsi |
Jumlah peserta PBI yang sudah dilakukan rekonsiliasi |
Orang |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
|
|
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Monitorin evaluasi pelaksanaan JKN-KIS di Kab/Kota |
Jumlah Kab/Kota yang dilakukan monitoring evaluasi pelaksaanan JKN-KIS di Kab/Kota |
Kab/Kota |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
|
|
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.8.2 (a) Cakupan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) |
Program 1 Program kemitraan peningkatan pelayanan kesehatan |
Kegiatan 1: Advokasi dan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional |
Jumlah peserta pertemuan advokasi dan sosialisasi |
Orang |
|
300 |
300 |
300 |
300 |
300 |
|
|
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 2: Rapat koordinasi teknis pelaksanaan Program JKN Provinsi dan Kab/Kota |
Jumlah peserta pertemuan advokasi dan sosialisasi |
orang |
|
162 |
162 |
162 |
162 |
162 |
|
|
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 3: Rekonsiliasi kepesertaan penerima bantuan iuran (PBI) Provinsi |
Jumlah peserta PBI yang sudah dilakukan rekonsiliasi |
orang |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
|
|
Dinas Kesehatan |
Kegiatan 4: Monitorin evaluasi pelaksanaan JKN-KIS di Kab/Kota |
Jumlah Kab/Kota yang dilakukan monitoring evaluasi pelaksaanan JKN-KIS di Kab/Kota |
Kab/Kota |
|
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
|
|
Dinas Kesehatan |
INDIKATOR SDGs: 3.a.1* Persentase merokok pada penduduk umur ≥15 tahun |
INDIKATOR SDGs: 3.b.1 (a) Persentase ketersediaan obat danvaksin di Puskesmas |
Program 1 Program Obat dan Perbekalan Kesehatan |
Kegiatan 1: Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan |
Jumlah item obat dan perbekalan kesehatan untuk RSUD Prov. Sumsel, RS Khusus Paru, RS Khusus Gigi dan Mulut, balai pengobatan Korpri, dan Program Lainnya |
- |
|
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |